Addatuang Sidenreng ke-XXV Berkunjung ke Tokoh Adat Hindu Towani (Tolotang)

oleh -1.795 views
Spread the love
Advertisement

SIDRAP, MITRASATU.com — Pada hari kamis tanggal 6 Agustus 2020 sore, bertempat dirumah kediamanTokoh Adat Hindu Towani (Tolotang) Wa’ Patadangi di Kelurahan Amparita, Kecamatan Tellu Limpoe, Kab. Sidrap, Provinsi Selatan, Addatuang Sidenreng ke-XXV YM. DR. Ir. H. A. Faisal Sapada SE. MM didampingi Arung Malolo Berkunjung ke Tokoh Adat Hindu Towani (Tolotang) Wa’ Patadangi, dan disambut secara adat oleh rumpung keluarga Wa’ Patadangi.

Dalam kegiatan tersebut sempat pula dihadiri YM. A.Maisara, YM. Drs. H. A. Tanna, pemangku adat Sidenreng YM. H. A. Parenrengi SH. (Petta Empagae)., serta Ketua Dewan Adat Tinggi pada Lembaga Adat Addatuang Sidenreng yang ke-XXV YM. Drs H. A. Syafiuddin Achmad, MH., beserta anggota Dewan Adat Tinggi pada Lembaga Adat Addatuang Sidenreng yang ke-XXV yakni YM. Drs H. A. Wawo dan YM. Andi Kute.

Selain dari itu ada pula tamu kehormatan dari Kota Jakarta, yang mewakili Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Majelis Adat Kerajaan Nusantara (MAKN) Pusat yaitu Sekjen DPP MAKN Pusat YM. Dra. Hj. R Ay Yani WSS Kuswodidjojo yang didampingi oleh Tim Advokasi DPP MAKN YM. Margaretha Bamba Mangiri, SH., MP. AK.

Baca Juga :   Petugas Pospam Jaga Ketat Jalur Perbatasan Sidrap-Enrekang

Dalam kegiatan itu Addatuang Sidenreng ke-XXV YM. DR. Ir. H. A. Faisal Sapada SE. MM didampingi Arung Malolo A. Maisara sempat menyamatkan Ping kehormatan kerajaan Addatuang Sidenreng ke-XXV kepada Tokoh Adat Hindu Towani (Tolotang) Wa’ Patadangi bersama Istrinya, sebagai tanda bahwa Wa’ Patadangi sekeluarga merupakan bahagian dari keluarga Addatuang Sidenreng ke-XXV.

Dalam Kesempatan itu, Arung Malolo YM. A. Maisara mengatakan, “bahwa tujuan kedatangan kami dalam rangka silahturohim dengan Tokoh Adat Hindu Towani (Tolotang) Wa’ Patadangi, agar meningkatkan hubungan keakrabatan dan agar selalu tercipta kembali hubungan yang baik antara bangsawan dengan tokoh adat Hindu Towani (Tolotang), dengan silaturrohim yang baik, bagaikan saudara kandung yang tidak pernah terpisah karena beliau merupakan bahagian dari keluarga Addatuang Sidenreng ke-XXV. ” Ungkapnya.

Baca Juga :   " Luar Biasa " Puluhan Ribu Warga Hadiri Tabligh Akbar Di Sirkuit RMS LAND'

Selanjutnya, Tokoh Adat Hindu Towani (Tolotang) Wa’ Patadangi mengucapkan, “terima kasih atas kedatangan Addatuang Sidenreng ke-XXV YM. DR. Ir. H. A. Faisal Sapada SE. MM bersama Arung Malolo, serta perangkat adatnya yang lain.” Ucapnya.

Begitu juga dengan Istri dari Tokoh Adat Hindu Towani (Tolotang) Wa’ Patadangi, dimana beliau mengucapkan, “terima kasih kepada Arung Malolo A. Maisara yang sudah lama saya kenal namanya, tetapi barusan saya lihat orangnya, ternyata beliau orangnya sangat santun dan penuh keakraban.”Tuturnya.

Sementara itu, tamu kehormatan yang berasal dari kota Jakarta yakni Sekjen DPP MAKN Pusat YM. Dra. Hj. R Ay Yani WSS Kuswodidjojo mengatakan, “Alhamdulillah, kami bisa berkunjung kerumah tokoh adat Hindu Towani (Tolotang) Wa’ Patadangi yang merupakan bagian dari Keluarga Kerajaan Addatuang Sidenreng di Sidrap, dimana Kab. Sidrap merupakan salah satu daerah penghasil pertanian, terutama beras, dan juga sebagai salah satu lumbung padinya Pulau Sulawesi, masyarakatnya ramah, kulit para wanitanya bersih-bersih, serta terlihat kerukunannya diantara mereka, sebuah tradisi leluhur yang terjaga kegotong royongannya, indahnya silaturahmi dengan mereka.” tutupnya. (AK)

Baca Juga :   H.M.Nasiyanto Siap Membesarkan GBNN di Bumi Nene' Mallomo

Editor : Mulyadi / Aljin Usbal

loading…