Babinsa Koramil 1022-06/Sungai Loban turut mengikuti prosesi ngaben sesuai adat

Spread the love
Advertisement

Tanah Bumbu – Sertu Sunarto bersama Kopda Widiya P Babinsa Koramil 1022-06/Sungai Loban menghadiri prosesi pembakaran mayat (ngaben), umat hindu yang telah meninggal dunia di Desa Kerta Buwana, Kecamatan Sungai Loban, Tanah Bumbu. Selasa, (23/01/2024).

Kegiatan diawali dengan proses penyiraman Jenazah, dilanjutkan dengan do’a bersama keluarga di pimpin Mangku I Wayan Piter, tokoh agama setempat.

Kemudian Jenazah digotong berangkat dari rumah duka menuju tempat dilaksanakannya upacara Pengabenan.

Setelah selasai, kerabat atau keluarga bersama warga yang mengikuti prosesi tersebut membawa abu Jenazah pulang yang selanjutnya nanti akan dibawa ke laut, sebagai puncak dari prosesi adat tersebut.

Dandim 1022/Tnb, Letkol Inf Aldin Hadi melalui Danramil 1022-06/Sungai Loban Kapten Inf Sahlan Nurdibyanto, menyampaikan peran Babinsa dalam menjalin hubungan dan komunikasi dengan warga binaannya bisa saja dilakukan kapanpun, termasuk dengan menghadiri kegiatan keagamaan.

“Babinsa selaku ujung tombak Kodim yang berada langsung di lapangan hendaknya mampu menjalin hubungan dan komunikasi yang baik dengan seluruh warga binaannya, kapanpun dan dimanapun termasuk dalam kegiatan keagamaan,” kata Danramil.

Lebih jauh Danramil mengatakan, Babinsa menghadiri kegiatan ngaben merupakan salah satu bentuk kepedulian dan bentuk simpati kepada warga desa yang berduka, karena ada salah seorang anggota keluarganya yang meninggal.

“Sehingga dengan cara seperti ini kedekatan antara warga desa dengan aparat kewilayahan khususnya Babinsa dapat terwujud.” Pungkasnya.(Kodim 1022)

loading...

Tinggalkan Balasan