Gerakan Wajo Mapaccing di Gelar, Begini Tujuannya

oleh -40 Dilihat
oleh
Spread the love

SENGKANG, MITRASATU.com — Bupati Wajo Dr.H. Amran Mahmud,S.Sos,M.Si Pimpin pelaksanaan lomba kebersihan yang digelar ruang rapat pimpinan,Jumat 13/2/2020

Kegiatan Gerakan Kampung Mapaccing Merupakan Program Kegiatan Pemerintah Kabupaten Wajo Yaitu “Wajo Mapaccing”

Yang mana telah Launching sekaligus pencanangan yang laksanakan pada bulan Februari 2019 lalu di Padduppa Kelurahan Padduppa Kecamatan Tempe.

Perlu diketahui Gerakan Wajo Mapaccing Bertujuan Agar Masyarakat Sadar Akan Pentingnya Menjaga Kebersihan Pengelolaan Sampah sehingga timbul kesadaran masyarakat untuk menjaga Kebersihan, menjadi perilaku hidup bersih dan budaya,  malu kalau masyarakat Wajo tidak hidup bersih.

Peran Serta Masyarakat Dalam Pengelolaan Kebersihan Dan Perlindungan  Lingkungan Hidup Diatur Dalam Pasal 70 Uu No. 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Yang tujuannya adalah :

  1. Meningkatkan kepedulian dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.
  2. Meningkatkan kemandirian , keberdayaan masyarakat dan kemitraan.
  3. Menumbuhkembangkan kemampuan dan kepoloporan masyarakat

Salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Wajo dalam menjaga Kebersihan yaitu  “Wajo Mapaccing” melalui Dinas Lingkungan hidup menginisiasi  Kegiatan Kampung Mapaccing didukung Camat Se Kabupaten Wajo dan stakeholder

Kegiatan ini merupakan kompetisi dan Pemkab Wajo akan memberikan penghargaan berupa penganugrahan atas keberhasilan dalam rangka mewujudkan “Wajo Mappacing”.

Camat sebagai kepala wilayah di kecamatan harus mampu mengendalikan dan mengarahkan masyarakat menciptakan hidup bersih dan bersama-sama Pemerintah menciptakan Kampung Mapaccing”.kata kadis DLH A.Baso Iqbal

Sehingga dalam kegiatan ini, setiap Camat harus mengkompetisikan Kegiatan Ini di setiap desa/kelurahan yang ada di wilayah kerjanya dalam rangka tercipta “Kampung Mapaccing” ini.

Kadis DLH Kab.Wajo menambahkan agar selalu koordinasi dan kerjasama yang aktif bersama koordinator wilayah Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kab. Wajo, Kantor Urusan Agama Kecamatan dan Pimpinan Perbankan yang ada di wilayahnya dalam mendukung kegiatan Ini”.

“Dan juga Camat harus melaporkan hasil kegiatan kompetisi tingkat kecamatan  ke sekretariat lomba Kabupaten paling lambat bulan juni 2020 nantinya”.

Untuk pimpinan kantor Cabang Perbankan dan Finance diharapkan agar dapat berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan ini Agar tercipta lingkungan bersih, nyaman, indah dan Sehat di sekitar kantor”. jelasnya

Bupati Wajo dalam sambutannya menyampaikan Melalui kesempatan ini Diharapkan kerjasamanya dalam rangka mendukung kegiatan ini Mari kita bersama sama ciptakan Kesadaran, Kepedulian, dan Keberdayaan dan peran serta sekalian agar dapat berperan aktif dalam menjaga kebersihan, terutama dalam upaya, Mengurangi volume sampah yang  akan kita hasilkan setiap harinya, Memilah sampah yang kita hasilkan seperti Organic, An Organik, Memanfaat sampah yang kita hasilkan dengan melakukan daur ulang.

“Upaya ini marilah kita lakukan Mulailah dari diri kita sendiri dulu,
Mulailah dari hal yang kecil dulu
Dan Mulai hari ini”. tuturnya

Kalau kita lakukan secara berkesinambungan, Insya Allah lingkungan kita  akan bersih, sehat dan nyaman”. jelasnya

Turut hadir Perwakilan Tim Penggerak PKK Kab. Wajo, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Wajo, Dinas Kesehatan Kab. Wajo, Kantor Kementerian Agama Kab. Wajo, Camat Se Kabupaten Wajo
Cabang Perbankan di Kab. Wajo
Cabang Finance di Kab. Wajo
Dealer Mobil dan Motor di Kab. Wajo. (Hw)

No More Posts Available.

No more pages to load.