Opini : Hari Pendidikan Nasional Bukan Sekadar Peringatan Belaka

oleh -73 views
Spread the love
Advertisement

Penulis : Wiranti

Tanggal 2 Mei merupakan hari memperingati kelahiran Ki Hadjar Dewantara yang telah mempelopori pendidikan di Indonesia. Hardiknas bukan hanya sekadar hari peringatan belaka. Tetapi juga semestinya merupakan bentuk perenungan, bahwa di tahun 2020 ini masih banyak angka putus sekolah di Indonesia.

Generasi bangsa adalah penentu kehidupan negara. Sedangkan pemenuhan pendidikan merupakan hak warga negara. Hal tersebut selaras dengan amanat Pasal 31 Ayat (1) Undang-Undang Dasar 1945 “Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan”. Hal ini sesuai dengan salah satu tujuan negara yang dirumuskan pada pembukaan UUD 1945 untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Baca Juga :   Bupati Wajo Sampaikan Belasungkawa Atas Wafatnya Mantan Sekprov Sulsel

Hal tersebut menunjukkan betapa pentingnya pendidikan bagi generasi muda demi tercapainya negara paripurna. Selain itu Hari Pendidikan Nasional seharusnya menjadi tolak ukur sejauh mana Pemerintah mengusahakan tercapainya pemenuhan pemerataan pendidikan di Indonesia agar tujuan negara untuk mencerdaskan kehidupan bangsa tercapai secara sempurna. Serta menjadi bentuk perenungan putra putri Pertiwi.

Selamat Hari Pendidikan Nasional 2020.

Baca Juga :   Corona

loading...