Jaga Kesuburan Tanaman Padi, Babinsa Koramil 13/Buntu Pane Bantu Petani Cabut Rumput Liar Di Sawah

oleh -61 Dilihat
Spread the love

ASAHAN, MITRASATU.com — Babinsa Koramil 13/Buntu Pane Kodim 0208/Asahan Koptu Juliono bantu petani cabut rumput (Gulma) yang menggangu Perkembangan padi di sawah milik Bapak Sardi sala satu angota Kelompok Tani Bunut, seluas 6 rante yang terletak di Desa Sei Silau Barat Kecamatan Setia Janji Kabupaten Asahan, Sabtu (07/03/2020).

Gulma merupakan salah satu masalah yang dapat mengganggu produktivitas tanaman. Gulma merupakan rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman yang kita budidayakan, yang kehadirannya selalu mengganggu pertumbuhan tanaman.

Pada kesempatan tersebut Koptu Juliono mengatakan gulma pada tanaman padi ini biasanya berbentuk rumput yang menyerupai padi, atau sering disebut ”Jawan padi,”dan Gulma pada tanaman padi harus segera ditanggulangi agar pertumbuhan tanaman bisa berjalan dengan baik dan apabila di biarkan maka padi yang ditanam akan lambat perkembangnya,” ungkapnya.

Iya juga menjelaskan, Gulma adalah salah satu kendala utama dan sangat besar sekali pengaruhnya terhadap penurunan hasil panen. “Gulma dapat menurunkan hasil panen karena adanya persaingan antara gulma itu sendiri dengan padi, dalam pengambilan unsur hara, air dan cahaya,” jelasnya.

Bapak Sardi pemilik lahan sawah yang mendapat bantuan pendampingan pembersihan rumput di Sela Sela tanaman padi oleh Babinsa mengucapkan banyak terima kasih. “Berkat pak Babinsa membantu di sawah saya, kegiatan bisa terbantu sehingga kebersihan dari tanaman penggangu (gulma) bisa tercapai,” ujarnya.

(M. Aljin Usbal)

No More Posts Available.

No more pages to load.