Opini : Menebar Asa Di Pusaran Bencana

oleh -59 views
Spread the love
Advertisement

The Power Of Darmin, ” Menjawab Tudingan Negatif dengan Karya Positif”.

Penulis : Darwis Waru, S.Sos.

Salam Poso Cerdas.

Entah bagaimana lagi kita hendak melukiskan situasi negeri terkini, di sebuah daerah yang memiliki kekayaan alam yang melimpah ini, belakangan ini mengalami banyak musibah. Ya, kabupaten Poso, sedang berada dalam pusaran bencana.

Pada saat kita sedang mencari formula yang tepat untuk memutus mata rantai covid-19, bumi sintuwu maroso ini, pun diperhadapkan dengan banjir yang melanda puluhan desa, dan kita pun terkepung dalam pusaran bencana, sudah begitu, situasi keamanan warga di kaki pegunungan Poso pesisir sana, masih saja menyimpan tanda tanya. Ada apa gerangan,?

Beruntung, Pemerintah Daerah beserta jajaran pimpinan daerah lainnya, cukup tanggap dalam merespon setiap perkembangan situasi, meski sesungguhnya urusan keamanan masih menjadi tanggungjawab negara di tingkat nasional. Dan di sini pula lah sesungguhnya, jiwa kepemimpinan seseorang Bupati diuji. Sejauhmana figur sentral di tingkat daerah bisa tampil sebagai motivator, dinamisator, dan inovator, merespon situasi pada satu sisi dan pada sisi yang lain, tetap fokus pada agenda birokrasi pemerintahan, sebagaimana yang diamanahkan oleh konstitusi.

Baca Juga :   Gowes RBC Pamona Selatan Mengajak Masyarakat Hidup Sehat Melalui Olahraga Bersepeda.

Dan boleh jadi di sini pulalah sesungguhnya, power (kekuatan) seorang Darmin Agustinus Sigilipu, di tengah situasi krisis dia masih bisa berimprovisasi merespon tantangan yang datang silih berganti. Jangan salah, pada saat dia lagi gencar-gencarnya memacu pembangunan di segala bidang, sorotan tajam pun terhadap dirinya, tak juga menunjukkan tanda-tanda surut, bahkan semakin menjadi-jadi sampai menembus dinding privasinya. Mungkinkah isu yang berseliweran melalui media sosial belakangan ini memang sengaja dihembuskan untuk menghambat langkah politiknya?, entahlah.

Asal tahu saja, di tengah pusaran bencana saat ini, sosok kelahiran 9 Agustus 1964 ini, memang telah berada pada ujung masa jabatan, memberi signal bahwa suhu politik akan naik secara perlahan seiring dengan perputaran waktu menjelang Pilkada serentak yang kemungkinan besar akan digelar 9 Desember 2020. Lalu bagaimana dia merespon tudingan miring itu?, “Biarkan saja Tuai, kita jangan menghabiskan energi untuk itu, itu kita jawab isu negatif dengan karya positif”, katanya suatu ketika bermaksud menenangkan.

Baca Juga :   HUT Bhayangkara ke-74 : Polsek Pendolo Serukan Kamtibmas Kondusif, Masyarakat Produktif.

Sampai di sini kita boleh memberi apresiasi atas ketegaran seorang kolonel marinir (purn) ini, meski kurang afdal rasanya jika tak melampirkan prestasi yang membanggakan daerah yang dinahkodainya, meski saya harus berterus terang, jujur saya kadang bingung memilah dan memilih prestasi mana yang harus tersebutkan, mengingat sejumlah penghargaan yang ditorehkan oleh tangan dinginnya terlalu banyak, setidaknya untuk ukuran sebuah daerah skala kabupaten.

Karena itu, izinkan saya menyebut salah satu saja dari deretan prestasi tersebut. Kabupaten Poso, baru saja menerima penghargaan Terbaik 2, terkait Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tingkat Nasional. Prestasi ini saja, sudah menegaskan bahwa Kabupaten Poso saat ini, terdepan di Indonesia Timur. Ini berarti prestasi yang diraih kabupaten Poso, telah berkonstribusi untuk mengharumkan tanah celebes. Lagi dan lagi, ini tak bisa dilepaskan dari sentuhan tangan dingin seorang Darmin. Dan yang luar biasa adalah, prestasi di ujung jabatan ini, hadir di tengah bencana yang melanda dan mewabah di negeri tercinta. Inilah kekuatan seorang Darmin Agustinus Sigilipu, The Power Of Darmin.

Baca Juga :   Opini : 3S Penyebab Perselingkuhan dan Bagaimana Islam Menyikapinya

Bambu Kuning,
Kamis, 14 Mei 2020.

loading...