Sampah Plastik Semakin Mencekik di Peringatan HPSN

oleh -41 Dilihat
oleh
Spread the love

MITRASATU.com, PAREPARE — 21 Februari 2020 Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Merupakan hari peringatan tentang Indonesia Negara ke-2 penghasil sampah Plastik terbanyak di dunia, dalam hari peringatan HPSN ini, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pemuda Pancasila Kota Parepare bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Parepare dan Mapala Salawat UM Parepare. Melakukan Kampanye Kesadaran Resiko Sampah terkhusus limbah Plastik bagi Masyarakat dengan mengusung tema “Sampah Plastik Semakin Mencekik” tema tersebut diusung karena maraknya penggunaan plastik dan kurangnya penanganan limbah plastik sehingga sangat membahayakan bagi generasi masa depan.

Gelaran kampanye HPSN ini dilaksanakan di alun-alun kota Parepare sekitar Lap. Andi Makkasau, Dengan diisi beberapa kegiatan yakni,1. Orasi HPSN 2.Pengikraran 3. Pemberian cinderamata.

Orasi HPSN ini diisi dengan Himbauan tentang bahaya-bahaya dan resiko bahaya sampah plastik serta menekankan kepada masyarakat kota Parepare agar mengurangi penggunaan Plastik secara berlebihan, kemudian melakukan Pengikraran kepada masyarakat dengan maksud meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat agar bijak dalam penggunaan plastik, serta Pemberian Cendra Mata dari bahan limbah plastik agar masyarakat mengetahui pengelolahan sampah plastik agar mampu menekan jatuhnya sampah di tanah dan dilaut.

Dinas lingkungan hidup (DLH) Kota Parepare yakni Pak Jenemar mengatakan perlunya sinergitas antara lembaga masyarakat dan kepemudaan kota Parepare untuk membangun daerah kota Parepare yang bersih dan unggul dalam tatakelolah sampah agar hal ini bisa menjadi tanggung Jawab bersama kita sebagai Warga Kota Parepare, Ketua Umum Mapala SALAWAT UM Parepare Rahmanu juga mengungkapkan dalam rangka HPSN ini kami selaku pelopor muda akan tetap membantu dan akan berkontribusi terkait dengan persoalan Sampah ini.

Kami dari BLH PP Kota Parepare menghimbau masyarakat kota parepare dalam hari HPSN persoalan sampah ini Bukan Menjadi tanggung jawab pemerintah saja melainkan semua pribadi masing-masing agar mempertanggung jawabkan semua sampahnya Baik lingkup Rumah Tangga, Kantoran , sekolah, INDUSTRI-INDUSTRI, dan lainnya. Kami selalu menawarkan tentang Program Kesadaran 3P yaitu (Pengurangan, Penanganan, dan Pengolahan) hal yang tiga inilah jika dilakukan secara bersama dan massif maka kota Parepare merupakan salah satu daerah penghasil limbah plastik tersedikit se-Indonesia bahkan Dunia (Amri Kalbu/Ketua Badan Lingkungan Hidup PP kota Parepare).

Semoga dalam Peringatan HPSN ini bukan hanya sekedar peringatan tapi diharapkan semua elemen masyarakat kota Parepare agar mampu sadar diri dan Bertanggung Jawab dalam Sampah yang dihasilkannya.

*BLH-PP Kota Parepare

No More Posts Available.

No more pages to load.