Untuk Menjaga Padi Dari Hama Burung, Babinsa Koramil 13/ Buntu Pane Bantu Petani Memasang Pengusir Burung

oleh -29 Dilihat
Spread the love

Asahan, Mitrasatu.com — Kegiatan ketahanan pangan dilingkungan dan wilayah Babinsa Koramil 13/Buntu Pane jajaran Kodim 0208/Asahan Serda Misdi melaksanakan pendampingan membantu Memasang penghalau burung di sawah Bapak Sugiman dengan luas lahan 7 rante yang terletak di Desa Sei Silau Barat Kecamatan Setia Janji Kabbupaten Asahan, Jumat (20/03/2020).

Serda Misdi menuturkan bahwa menentukan hama burung saat ini dapat mengurangi jumlah panen para petani, mengingat bulir-bulir padi sudah mulai terlihat di tanaman padi. Untuk menyukseskan dan meningkatkan jumlah panen yang maksimal, para petani memberikan kerja ekstra untuk mengusirnya. Berbagai cara telah dilakukan agar padi tidak rusak seperti memasang jaring, memasang orang – orangan dan lain sebagainya. “Banyak cara yang dilakukan dalam mengusir burung agar tidak mengambil bulir padi seperti memasang tali pengusir burung seperti ini,” katanya.

Serda Misdi juga menambahkan bahwa dengan tali yang dibentangkan di atas tanaman padi tersebut, harapannya dapat digerakkan untuk menakuti-nakuti burung yang hinggap di tanaman padi sehingga tidak menggunakan bulir padi dan pergi sawah. Dengan cara ini, petani tetap harus jatuh ke sawah khusus di waktu pagi dan sore hari untuk membebaskan tanamannya. Sebabnya, hama burung tersebut datang ke areal pertanian di waktu makan. “Pakai tali biar hemat, setiap pagi dan sore harus terus-menerus kegiatan hama burung di sawah,” ungkap Serda Misdi.

Kegiatan pendampingan ini merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh Babinsa dalam meminta silaturahmi dengan petani demi terwujudnya manfaat Babalan dengan komunitas masyarakat khusus para petani di Desa Mojoarum.

No More Posts Available.

No more pages to load.